The Joshua Files

Invisible City (The Joshua Files #1)
Paperback, 381 pages
Published June 2009 by PT Gramedia Pustaka Utama

Ice Shock (The Joshua Files #2)
Paperback, 368 pages
Published December 21st 2010 by PT Gramedia Pustaka Utama

Zero Moment (The Joshua Files #3)
Paperback, 368 pages
Published October 2011 by PT Gramedia Pustaka Utama

Dark Parallel (The Joshua Files #4)
Paperback, 368 pages
Published June 2012 by PT Gramedia Pustaka Utama

Apocalypse Moon (The Joshua Files #5)
Paperback, 400 pages
Published November 22nd 2012 by PT Gramedia Pustaka Utama

Yahoooooooiiii!!!!!

Selesai juga akhirnya baca seri ini. menegangkan dan menarik di beberapa buku. Yah, meski dengan ending yang sedikit banyak di luar ekspektasiku sih. Meskipun buku kedua dan ketiga sudah saya tulis sendiri-sendiri di blog ini juga tapi disini saya akan menulis tentang keseluruhan buku ini supaya lengkap (karena suka kehabisan ide kalau disuruh menulis tentang buku berseri). hehehe….

Berawal dari kisah seorang anak yang menerima kabar berkenaan tentang kematian ayahnya. Akan tetapi, anak tersebut tidak bisa menerima berita tersebut dan memutuskan untuk mencari kebenaran tentang kejadian sebenarnya. Perjalanannya pun berakhir bermula dengan kenyataan bahwa dia adalah keturunan penjaga codex dari suku Maya yang sampai saat ini masih bertahan hidup dan ditakdirkan untuk menemukan codex tersebut dan membawanya kembali ke sebuah tempat rahasia.

Peristiwa demi peristiwa terus dialaminya meski terkadang hal tersebut bisa menyebabkan kematiannya sendiri dalam pencarian codex serta jawaban atas kematian ayahnya. Setelah perjalanan panjang misteri tentang kematian ayahnya mulai terkuak. Petunjuk yang dikirimkan kepadanya menjadi satu-satunya hal yang membuatnya terus maju meskipun dia sendiri tidak tahu apa yang akan ditemukannya didepan, kenyataan bahwa kebenaran tentang kematian ayahnya disembunyikan oleh kelompok tertentu dan hal yang masih berhubungan dengan takdirnya terus bermunculan.

Semua hal menjadi lebih jelas ketika dia menemukan gelang Itzamna dan mulai mencari cara untuk menghindari peristiwa besar yang akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2012 yang diramalkan akan menjadi peristiwa besar berakhirnya dunia berdasar kepercayaan suku Maya.


Saya akui…bahwa saya telat membaca buku ini. Seperti kata teman saya, akan lebih terasa atmosfernya apabila saya membacanya sebelum tanggal ramalan tentang kiamat akan terjadi. Waktu mendengar pertama kali mendengar tentang berita ini di TV saya sendiri termasuk orang yang (jujur) takut sekaligus penasaran. (memalukan ya….).

Sebenarnya seri ini juga sudah saya lirik dari awal tahun 2013, akan tetapi karena saya kesulitan menemukan buku 1-3nya dan keuangan yang kurang untuk membeli boxsetnya akhirnya saya memutuskan untuk tidak membeli seri ini, sampai pada beberapa bulan lalu saya menemukan buku 1-3nya di bagian diskon. dan saya akhirnya bisa membeli dan membaca juga seri ini.

Sebenarnya keseluruhan cerita di seri ini sangat menarik, berkenaan dengan Peradaban Maya dan peristiwa besar yang akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2012. Akan tetapi ada disaat dimana buku ini bagus dibeberapa volume dan jelek tidak terlalu bagus di seri yang lain.

Buku 1 : sebagai pemanasan yang bagus untuk seri ini meskipun buku ini masih berasa datar dan belum ada sesuatu hal yang mengejutkan dan membuat saya penasaran untuk membalik halaman berikutnya.

Buku 2 : buku ini sangat menegangkan. sangat bertolak belakang dengan buku 1 yang terkesan kalem dan biasa-biasa saja. kejadian yang dialami oleh tokoh utama juga sempat membuat saya menahan nafas beberapa kali. Buku ini membuat saya tidak sabar untuk segera membalik halaman dan menyelesaikan secepetnya.

Buku 3 : masih berada diatas angin. Konfilk dan peristiwa yang terjadi masih membuat saya ternganga di beberapa bagian ketika membacanya.

Buku 4 : hem…. tidak tahu saya harus bilang apa. Tidak semenegangkan buku sebelumnya. seperti roller-coaster saja ketika kau bersemangat untuk membaca buku ini karena efek buku sebelumnya akan tetapi kau dijatuhkan dari atas langsung ke tanah. Meskipun masih mengejutkan dibeberapa bagian akan tetapi buku ini kurang dibandingkan dengan dua buku sebelumnya.

Buku 5 : menarik, untuk saya pribadi. sebuah ending yang menegangkan di tengah dan mengecewakan di akhir. Bukan karena ceritanya yang jelek akan tetapi cara mengakhiri cerita yang kurang memuaskan bagi saya pribadi. Tapi saya tetap menilai buku ini secara keseluruhan dan saya bisa bilang kalo buku ini bagus.


Buat saya pribadi, ketika sebuah buku itu bagisan dari sebuah serial. Maka tidak heran apabila saya membandingkan buku yang satu dengan yang lainnya yang juga menjadi bagian dari seri tersebut.

Beberapa hal yang jadi pemikiran saya mulai dari buku 4 adalah entah kenapa saya berpikir tentang alat yang digunakan oleh Hermione (Harry PotterJ.K. Rowling) untuk memanipulasi waktu (Time-Turner), terlepas oleh kenyataan yang membuat saya terpaku pada 13th Reality-nya James Dashner dengan realitas-realitasnya yang bercabang-cabang (salah satu cerita membingungkan kesukaan saya) 😀

Typo yang terjadi dibuku 3 – 5 pun lebih parah dibandingkan dengan dua buku sebelumnya. Entah karena ketelitian yang kurang ataukah karena target yang ingin dicapai yaitu diterbitkan sebelum tanggal yang ada di ramalan (karena pada kenyataannya buku 5 diterbitkan bulan November 2012).

Dan lagi-lagi saya salut sama desain covernya yang HARUS-disampul-sebelum-baca karena ketakutan saya pribadi akan robek. Seragam akan tetapi gambar yang ada pada punggung buku sedikit berantakan karena tingginya yang tidak sama.

Pada intinya, cerita yang ada menarik untuk diikuti. Penilaian tentang seri ini, kembali ke diri anda masing-masing sebagai pembaca. 🙂

Cover

Indonesian Cover
Original Cover

Wallpaper

Picture credit to http://www.joshuafiles.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s